Abstrak


Masalah sosial dan nilai pendidikan novel ibuk karya iwan setyawan serta relevansinya dengan pembelajaran sastra di sma (Tinjauan Sosiologi Sastra)


Oleh :
Lyna Ayyu Syaryfah - K1209040 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) gambaran sosial Novel Ibuk karya Iwan Setyawan, (2) masalah-masalah sosial yang muncul dalam Novel Ibuk karya Iwan Setyawan, (3) mengetahui solusi dalam mengatasi masalah-masalah sosial dalam Novel Ibuk karya Iwan Setyawan, dan (4) nilai-nilai pendidikan dalam novel Ibuk karya Iwan Setyawan. 
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Data penelitian berupa dokumentasi berbentuk novel. Triangulasi dilakukan dengan triangulasi teori dan metode dengan pengecekan data dokumen. Data tersebut diperoleh dengan mengkaji novel Ibuk melalui analisis isi, yaitu melakukan penafsiran terhadap teks untuk dapat dipahami isinya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif, yang meliputi tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Reduksi data selalu dilakukan apabila simpulan dirasa kurang dengan mengumpulkan data kembali untuk mencari pendukung simpulan yang telah dikembangkan dan juga sebagai usaha pendalaman data. Informasi dari informan juga menjadi sumber data dalam penelitian ini untuk mengetahui resepsi pembaca. 
Penelitian ini menyimpulkan (1) gambaran sosial Novel Ibuk karya Iwan Setyawan memiliki tiga latar atau setting, yaitu tempat, waktu, dan sosial. Latar tempat adalah di Kota Batu, Malang, Jawa Timur dan New York. Sedangkan setting waktunya adalah pada tahun 1960-an. Novel Ibuk banyak bercerita tentang kehidupan masyarakat Indonesia pada masa itu. (2) masalah-masalah sosial yang muncul adalah (a) kemiskinan akibat pendidikan yang rendah; (b) pertengkaran anak-anak yang kurang harmonis; (c) ketidakharmonisan bapak dengan kepala desa. (3) solusi dalam mengatasi masalah sosial adalah melalui proses analisis terhadap masalah tersebut, yaitu (a) pendidikan sebagai salah satu kunci penting dalam proses perkembangan anak dan sangat menentukan kesejahteraan anak di masa mendatang; dan (b) memberikan pendampingan, perhatian dan cinta sejati (4) nilai-nilai pendidikannya, yaitu (a) nilai pendidikan moral yang meliputi berpendirian teguh, kesederhanaan, kerja keras, keprihatinan, mawas diri, tanggung jawab, dan berbakti kepada kedua orang tua; (b) nilai pendidikan religius yang mengajarkan kita untuk selalu mengingat Allah SWT yang meliputi rajin beribadah, menjalankan perintah agama, dan bersyukur atas anugerah Tuhan; (c) nilai pendidikan sosial meliputi kepedulian, saling membantu, dan saling menghargai. (5) relevansinya dengan pembelajaran sastra kelas XII SMA. 
Kata kunci: Novel Ibuk, sosiologi sastra, masalah sosial, nilai pendidikan, pembelajaran sastra