Abstrak


Pengembangan motif batik tulis desa bakaran


Oleh :
Anisa Syamsiana - C.0910008 - Fak. Seni Rupa dan Desain

Latar belakang proyek Tugas Akhir perancangan ini adalah Batik Bakaran mempunyai ciri khas yaitu mempertahankan warna hitam, pada unsur visual terdapat latar yang bercorak retak atau remek , dari segi komposisi visual meggunakan repeat 1 langkah. 
Tujuan proyek Tugas Akhir perancangan ini adalah pengembangan desain motif Batik Bakaran dengan pengolahan visual berdasarkan mata pencaharian desa Bakaran, secara umum banyak menggantungkan hidupnya dari sektor pertanian, sektor kelautan dan perikanan sesuai dengan semboyan Pati Bumi Mina Tani. Diharapkan hasil dari perancangan ini menjadi salah satu upaya pengembangan motif batik berkarakter kedaerahan di desa Bakaran Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. 
Metode yang dipakai dalam proyek Tugas Akhir perancangan ini yaitu metode desain. Metode ini melewati 3 tahap yakni metode perancangan, konsep perancangan dan visualisasi. Metode perancangan melewati tahap analisis permasalahan, strategi pemecahan masalah, pengumpulan data, dan menentukan gagasan awal perancangan. Konsep perancangan meliputi landasan pemikiran untuk perancangan desain tugas akhir. Visualisasi yakni tahap memvisualkan konsep rencana perancangan yang sudah ditulis dalam proses perancangan. 
Hasil perancangan tugas akhir yang berjudul perancangan batik dengan sumber ide Pati Bumi Mina Tani menghasilkan delapan desain yang semuanya merupakan desain batik yang bertemakan lingkungan desa Bakaran. keseluruhan desain mengolah bentuk-bentuk dari sumber daya alam dan lingkungan yang ada seperti Udang, Padi, Jagung, Bandeng. Teknik yang digunakan dalam perancangan ini adalah teknik batik tulis. Teknik pewarnaan dengan cara dicolet dan dicelup menggunakan zat warna remazol.. 
Kata Kunci: Perancangan, Desain, Batik Barakan, Batik Tulis.