Abstrak


Implementasi pendidikan karakter untuk membentuk moralitas peserta didik sebagai warga negara yang baik (good citizen) berdasarkan nilai-nilai pancasila


Oleh :
Nurwahidah - K6412055 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) implementasi pendidikan karakter berdasarkan nilai-nilai Pancasila di SMP Negeri 20 Surakarta; (2 moralitas peserta didik sebagai warga negara yang baik (Good Citizen) setelah mendapatkan pendidikan karakter berdasarkan nilai-nilai Pancasila di SMP Negeri 20 Surakarta; (3) hambatan yang dihadapi serta solusinya dalam implementasi pendidikan karakter untuk membentuk moralitas warga negara yang baik (Good Citizen) berdasarkan nilai-nilai Pancasila di SMP Negeri 20 Surakarta. 
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, lokasi penelitian di SMP Negeri 20 Surakarta. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data yang digunakan adalah teknik trianggulasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. 
Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Implementasi pendidikan karakter berdasarkan nilai-nilai Pancasila di SMP Negeri 20 Surakarta dilakukan dengan mengintegrasikan dalam mata pelajaran dan kegiatan pembelajaran di kelas (intrakurikuler), melalui pembiasaan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan sekolah (kokurikuler) yang sudah dijalankan dengan baik; (2) Implementasi pendidikan karakter berdasarkan nilai-nilai Pancasila membentuk moralitas peserta didik sebagai warga negara yang baik (Good Citizen), yaitu mampu mencapai salah satu indikator karakter publik dan privat kewarganegaraan. Karakter publik berupa mentaati peraturan dan tata tertib yang ada di sekolah sedangkan karakter privat kewarganegaraannya, yaitu peserta didik mampu menghormati diri sendiri, sesama, dan lingkungan. Nilai-nilai Pancasila yang sudah diterapkan adalah sila pertama, kedua dan ketiga; (3) Hambatan yang dihadapi antara lain a) Hambatan eksternal, yaitu kurangnya kerjasama dan kepedulian orangtua peserta didik; b) Hambatan internal antara lain dari pihak pendidik dan pihak peserta didik. Pihak pendidik yang kurang mempersiapkan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pendidikan karakter di sekolah dan pihak peserta didik yang kurang dalam berpartisipasi dalam kegiatan pendidikan karakter di sekolah. Solusinya, dilakukan pemantauan pelaksanaan kegiatan oleh Kepala Sekolah dan pihak terkait, diskusi dan kerjasama antar pendidik, dan mengadakan kegiatan rutin antara antara pendidik dan orang tua peserta didik. 
Kata Kunci : Pendidikan Karakter dan Warga Negara Yang Baik (Good Citizen), Moralitas