Abstrak


Hubungan antara kemampuan afektif dan matematika siswa dengan kemampuan kognitif fisika siswa kelas xi keperawatan smk kesehatan Citra Medika Sukoharjo


Oleh :
Septian Bayu Nugraha - K2309071 - Fak. KIP

Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) ada atau tidak adanya hubungan antara kemampuan afektif dengan kemampuan kognitif Fisika siswa; (2) ada atau tidak adanya hubungan antara kemampuan Matematika siswa dengan kemampuan kognitif Fisika siswa ; (3) ada atau tidak adanya hubungan antara kemampuan afektif dan Matematika siswa dengan kemampuan kognitif Fisika siswa. 
Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI keperawatan 1 sejumlah 34 siswa yang seluruhnya dijadikan sampel dalam penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data kemampuan afektif Fisika siswa, kemampuan Matematika siswa dan kemampuan kognitif Fisika siswa. Analisis data menggunakan analisis teknik regresi ganda dengan uji prasyarat hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. 
Kesimpulan penelitian bahwa: (1) secara signifikan tidak ada hubungan yang positif antara kemampuan afektif dengan kemampuan kognitif Fisika siswa, dengan nilai thitung = 1,492 < ttabel= 2,036 dan nilai sig yang lebih besar dari 0,05 (0,146 > 0,05); (2) bahwa secara signifikan ada hubungan yang positif antara kemampuan Matematika dengan kemampuan kognitif Fisika siswa, dengan nilai thitung = 5,080 > ttabel= 2,036 dan nilai sig yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 > 0,05) dan (3) bahwa secara signifikan ada hubungan positif antara kemampuan afektif dan kemampuan Matematika siswa secara bersama-sama dengan kemampuan kognitif Fisika siswa.Yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung = 14,496 > dari Ftabel = 2,91 dan nilai sig yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 > 0,05) 
Kata kunci: Kemampuan afektif, kemampuan matematika dan kemampuan kognitif Fisika siswa