Abstrak


Mekanisme pelayanan pembuatan izin usaha pusat perbelanjaan (iupp) dan izin usaha toko modern (iutm) di badan penanaman modal dan pelayanan perizinan Kabupaten Sukoharjo


Oleh :
Widhiati Purboningsih - D.1513099 - Fak. ISIP

Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Kabupaten Sukoharjo merupkan suatu perangkat daerah yang menangani pelayanan perizinan di Kabupaten Sukoharjo. Pelayanan perizinan yang ada di BPMPP diantaranya adalah perlayanan pembuatan Izin Usaha Pusat Perbelanjaan dan Izin Usaha Toko Modern. Tujuan dari pembuatan izin usaha adalah agar penempatan usaha tidak salah, tercapainya penataan ruang kota yang sesuai dengan rencana, dan juga sebagai bukti hukum. Meskipun demikian di Sukoharjo masih sering dijumpai Toko Modern yang belum memiliki Izin Usaha namun sudah beroprasi. Pengamatan ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara mendalam terkait mekanisme pelayanan pembuatan izin usaha pusat perbelanjaan dan izin usaha toko modern di BPMPP Kabupaten Sukoharjo. 
Pengamatan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu mendiskripsikan mekanisme pelayanan pembuatan izin usaha pusat perbelanjaan dan izin usaha toko modern di BPMPP Kabupaten Sukoharjo. Sumber data yang diperoleh berdasarkan narasumber, peristiwa atau aktivitas dokumen dan arsip terkait dengan mekanisme pelayanan pembuatan izin usaha pusat perbelanjaan dan izin usaha toko modern. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan mengkaji dokumen dan arsip yang berkaitan dengan mekanisme pelayanan pembuatan izin usaha pusat perbelanjaan dan izin usaha toko modern. 
Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan dapat diketahui bahwa mekanisme pelayanan pembuatan izin di BPMPP Kabupaten Sukoharjo yaitu sebagai berikut: konsultasi perizinan, pendaftaran, pengolahan, pemeriksaan teknis, penandatanganan izin, pembayaran di bank, pengambilan izin. Dalam melaksanakan mekanisme pelayanan pembuatan izin BPMPP memiliki standar pelayanan yang menjadi pedoman pelayanan perizian, yaitu sebagai berikut: dasar hukum, persyaratan pelayanan, sistem pelayanan, mekanisme dan prosedur, jangka waktu penyelesaian, biaya/tariff, produk pelayanan, sarana, prasarana dan fasilitas, kompetensi pelaksana, pengawasan internal, penanganan pengaduan, saran dan masukan, jumlah pelaksana, jumlah pelayanan, jaminan keamanan produk, evaluasi kinerja pelaksanaan, masa berlaku izin dan waktu pelayanan. 
Keywords: BPMPP, Mekanisme, Pelayanan Pembuatan Izin