Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Tentang Bangun Datar Dan Bangun Ruang


Oleh :
Junaidah - K7112122 - Fak. KIP

ABSTRAK 

Junaidah. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE-SOLUTION POSING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA TENTANG BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kerten II Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Juli 2016. 
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita tentang bangun datar dan bangun ruang dengan menerapkan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing pada siswa kelas V SD Negeri Kerten II Surakarta tahun ajaran 2015/2016. 
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 21 siswa dan guru kelas V SD Negeri Kerten II Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dan deskriptif komparatif. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing, terdapat peningkatan keterampilan menyelesaikan soal cerita tentang bangun datar dan bangun ruang pada siswa kelas V, hal itu terlihat dari peningkatan nilai di setiap siklus. Pada pratindakan, ketuntasan klasikal sebesar 23,81% atau terdapat 5 siswa yang tuntas dari 21 siswa dengan nilai rata-rata 46,6. Pada siklus I ketuntasan klasikal meningkat menjadi 61,90% atau terdapat 13 siswa yang tuntas dengan nilai rata- rata 68,3. Pada siklus II ketuntasan klasikal kembali meningkat menjadi 85,71% atau terdapat 18 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 79,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dapat meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita tentang bangun datar dan bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri Kerten II Surakarta tahun ajaran 2015/2016. 


Kata kunci : Keterampilan menyelesaikan soal cerita, problem posing tipe pre-solution posing