Abstrak


Pengembangan Media Pembelajaran Interaktifbilingual Berbasis Blog Dengan Memanfaatkan Google Document Pada Materi Pokok Cahaya Untuk Siswa SMP Kelas VIII Semester II


Oleh :
Risang Mochamad Pattih - K2309067 - Fak. KIP

ABSTRAK

 

Risang Mochamad Pattih. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BILLINGUAL BERBASIS BLOG DENGAN MEMANFAATKAN GOOGLE DOCUMENT PADA MATERI POKOK CAHAYA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII SEMESTER II. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Juli 2016.

Tujuan Penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa blog dengan memanfaatkan Google Documentpada materi pembelajaran  Fisika pokok bahasan cahaya.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan berdasarkan pada model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Prosedur penelitian pengembangan ini hanya sampai pada tahap keenam dari sepuluh tahapan, yaitu (1) Penelitian dan pengumpulan informasi, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan draf produk, (4) Uji coba lapangan awal, (5) Merevisi hasil uji coba lapangan awal, dan (6) Uji coba lapangan utama. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu data kualitatif yang didukung dengan datakuantitatif yang diperoleh melalui angket, wawancara, dokumentasi, dan kajian pustaka. Sumber data penelitian antara lain ahli materi (kelayakan isi, bahasa dan gambar, penyajian, dan kegrafisan), guru fisika SMP sebagaireviewer, mahasiswa yang mendalami pembuatan media pembelajaransebagaipeer reviewer,dan siswa. Banyaknya subjek penelitian yaitu 30 siswa dari SMP N 3 Sukoharjo dan SMP N 2 Wonogiri.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif.

Telah dikembangkan media pembelajaran berupa pembelajaran online yang disusun sesuai dengan aturan penulisan blogpada materi Pokok Cahaya Untuk Siswa SMP Kelas VIII Semester II. Dengan prosedur pembuatan menggunakan softwre corelDRAW X4 dalam pembutan desain cover, gambar mind map. Kemudian menggunakan software Camtasia, dan Macromedia Flash 6 untuk membuat video pembelajaran. Pembuatan soal atau test evaluasi menggunakan Google Docs secara online. Selanjutnya hasil dari corelDRAW X4, Camtasia, Macromedia Flash 6, dan Google Doc disatukan dan diatur di dalam Blogspot. Blog ini terdiri dari 11 menu yang dapat diakses. Diantaranya Home, Peta Konsep, Kompetensi, Motivasi, Cahaya, Benda Optik, Alat Optik, Permainan, Evaluasi, Daftar Pustaka, Download. Media pembelajaran Fisika berupa Blog yang disusun sesuai dengan aturan pembuatan Blog pada materi Cahaya untuk Siswa SMP kelas VIII semester II yang telah dikembangkan,dari keseluruhan aspek memenuhi kriteria sangat baik oleh 27 siswa dari 30 siswa dan baik oleh 3 siswa dari 30 siswa berdasarkan pada angket yang disusun sesuai dengan karakteristik modul berkriteria baik menurut Depdiiknas tahun 2008.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Blog, Google Docs