Abstrak


Pelaksanaan Pengawasan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Klaten Terhadap Pentaatan Pengelolaan Limbah Di PT.SGM


Oleh :
Afiefah Alfiana - E0012012 - Fak. Hukum

ABSTRAK 

AfiefahAlfiana. 2012. E0012012. PELAKSANAAN PENGAWASAN BADAN LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN KLATEN TERHADAP PENTAATAN PENGELOLAAN LIMBAH PT.SGM . Penulisan hukum (skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini mendeskripsikan da nmengkaji bagaimana mekanisme pelaksanaan pengawasan pengelolaan limbah. Tindak lanjut dalam hasil pengawasan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Klaten terhadap pentaatan pengelolaan limbah di PT.SGM.

Penelitian ini adalah penelitian hokum empiris bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi kepustakaan. Teknis analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan interaktif model.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengawasan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Klaten terhadap PT.SGM yaitu melalui pengawasan dokumen UPL-UKL telah sesuai dengan UUPLH yang meliputi pengawasan terhadap ketaatan melakukan pelaporan SGM, dengan hasil bahwa tingkat ketaatan PT.SGM dalam pengelolaan limbah ada beberapa yang belum memenuhi kriteria yang telah diwajibkan, BLH juga melakukan pengawasan atas aduan masyarakat terhadap pentaatan pengelolaan limbah PT.SGM terhadap lingkungan sekitar. Tindak lanjut pengawasan yang dilakukan BLH terhadap penaatan hasil analisis laboratorium limbah dan terhadap aduan masyarakat atas peluapan limbah dilakukan sanksi teguran untuk memperbaiki pengelolaan limbah cair dengan benar dan memberikan tanggungjawab sosial pada masyarakat yang terkena dampak.

Kata kunci : pelaksanaan pengawasan, Badan Lingkungan Hidup    Kabupaten Klaten, pengelolaan limbah