Abstrak


Pengaruh Kredibilitas Selebriti Dan Kredibilitas Iklan Pada Sikap Terhadap Iklan, Sikap Terhadap Merek Dan Niat Beli Yamaha Nmax Di Surakarta


Oleh :
Andito Lutfi Afif - F0212012 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kredibilitas selebriti dan kredibilitas iklan pada sikap terhadap iklan, sikap terhadap merek, dan niat beli. Manfaat yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah sebagai pengembangan ilmu dan referensi tentang niat pembelian yang dipengaruhi oleh karakteristik dari selebriti sebagai bintang iklan dan juga pengaruh dari kredibilitas iklan. Penelitian ini dilakukan pada orang yang memiliki niat untuk membeli Yamaha NMAX di Surakarta, diambil dengan metode purposive sampling. Responden yang diambil sebanyak 200orang.

Alat uji yang digunakan adalah Stuctural Equation Modelling (SEM) dengan program GeSCA. Hasil analisis menunjukan bahwa kredibilitas selebriti hanya berpengaruh signifikan pada sikap terhadap merek. Sedangkan kredibilitas iklan berpengaruh signifikan baik pada sikap terhadap iklan maupun sikap terhadap merek. Dari kedua variabel sikap hanya sikap terhadap merek yang memiliki pengaruh signifikan pada niat beli. Maka dapat disimpulkan bintang iklan atau selebriti yang tidak memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan dalam iklan tidak akan memunculkan sikap positif konsumen. Sedangkan sikap terhadap iklan tidak mempengaruhi niat beli secara langsung, namun harus dimediasi oleh sikap terhadap merek.

Saran yang diberikan pada perusahaan adalah perlunya melakukan analisis ketika akan memilih seseorang yang akan membintangi iklan sebuah produk. Pemilihan bintang iklan yang tepat terbukti akan memberikan stimulus yang positif terhadap niat beli konsumen. Bintang iklan yang dipilih harus memiliki kredibilitas sebagai bintang iklan dan juga memiliki kredibilitas sesuai dengan produk yang akan dipromosikannya.

Kata kunci : kredibilitas selebriti, kredibilitas iklan, sikap terhadap iklan, sikap terhadap merek, niat beli