;

Abstrak


Pengaruh metode latihan massed practice dan distributed practice terhadap keterampilan dasar passing bolavoli ditinjau dari fleksibilitas punggung dan tungkai siswa putra sd Kemiren Srumbung Magelang (Studi Eksperimen pada Siswa Ekstrakurikuler Bolavoli SD Negeri Kemiren Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang)


Oleh :
Hariyati Kasanah - A121408056 - Sekolah Pascasarjana

Pengarahan teknik dasar yang benar sejak dini diperlukan agar keterampilan dasar bermain dapat dikuasai dengan baik. Pelatih harus mampu menerapkan metode latihan yang cocok dengan karakteristik siswa guna mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh metode latihan massed practice dan distributed practice terhadap keterampilan dasar passing bola voli, (2) perbedaan pengaruh keterampilan dasar passing bola voli pada siswa ekstrakurikuler bola voli yang memiliki fleksibilitas tinggi dan fleksibilitas rendah, (3) interaksi antara metode latihan dan fleksibilitas sendi punggung dan tungkai terhadap keterampilan dasar passing bola voli. 
Penelitian ini adalah eksperimen faktorial 2x2, dengan tes awal dan tes akhir pada empat kelompok yang diberikan perlakuan dua metode. Populasi penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler bola voli SD Negeri Kemiren Srumbung Magelang dengan jumlah 36 siswa. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling sebanyak 30 siswa, kemudian 16 siswa yang mendapatkan treatment. Instrumen menggunakan Sit and Reach Test dan Braddy Volley Ball Test. Teknik analisis data menggunakan Analisis Varian (ANAVA) dua jalur yang dilanjutkan dengan uji post-hoc pada taraf signifikansi a = 0,05. 
Hasil penelitian ini: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode massed practice dan metode distributed practice terhadap hasil keterampilan dasar passing bola voli, p = 0,008 < 0,05; (2) ada perbedaan pengaruh keterampilan dasar passing bola voli antara siswa yang memiliki fleksibilitas tinggi dan fleksibilitas rendah, p = 0,016 < 0,05; (3) ada interaksi antara metode latihan dan fleksibilitas sendi punggung dan tungkai terhadap keterampilan dasar passing bola voli, p = 0,016 < 0,05. 
Kesimpulannya yaitu metode massed practice lebih tepat untuk melatih siswa dengan fleksibilitas tinggi, sedangkan metode distributed practice lebih tepat untuk melatih siswa dengan fleksibilitas rendah. 
Kata Kunci: Metode latihan, massed practice, distributed practice, fleksibilitas sendi punggung dan tungkai, keterampilan dasar passing, bola voli.