;

Abstrak


Jenis – jenis pertanyaan yang diajukan guru dalam proses pembelajaran matematika pada siswa kelas viii smp negeri 1 Karanganyar


Oleh :
Sulistyani Rahayu - S851208069 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) jenis – jenis pertanyaan yang diajukan guru berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada kegiatan pendahuluan pembelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 1 Karanganyar; 2) jenis – jenis pertanyaan yang diajukan guru berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada kegiatan inti pembelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 1 Karanganyar; 3) jenis – jenis pertanyaan yang diajukan guru berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada kegiatan penutup pembelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 1 Karanganyar; dan 4) jenis – jenis pertanyaan yang tertuang dalam tugas yang diberikan guru berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi setelah proses membelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 1 Karanganyar. Pertanyaan guru yang akan diteliti terkait dengan pertanyaan- pertanyaan yang diajukan guru dalam proses pembelajaran dan pertanyaan- pertanyaan yang tertuang dalam tugas yang diberikan guru setelah proses pembelajaran. 
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek utama dalam penelitian ini adalah satu orang guru matematika kelas VIII. Dalam penelitian ini, pertanyaan yang diajukan guru selama proses pembelajaran akan diamati dengan menggunakan lembar observasi dan alat perekam berupa handycam. Dari hasil rekaman tersebut diperoleh transkripsi kegiatan pembelajaran berupa ucapan, ujaran, atau pernyataan guru dan siswa, sedangkan pertanyaan- pertanyaan yang tertuang dalam tugas yang diberikan guru setelah proses pembelajaran dari tugas- tugas yang diberikan guru setelah proses pembelajaran. Transkripsi tersebut akan direduksi dengan cara mengambil ucapan, ujaran, atau pernyataan guru yang termasuk ke dalam pertanyaan. Selanjutnya, dilakukan validasi data. Pertanyaan guru tersebut akan dianalisis dengan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan sehingga dapat diketahui pertanyaan yang diajukan oleh guru dalam proses pembelajaran dan pertanyaan- pertanyaan yang tertuang dalam tugas yang diberikan guru setelah proses pembelajaran. Hasil analisis tersebut akan digunakan untuk mendeskripsikan pertanyaan yang diajukan guru selama proses pembelajaran dan pertanyaan- pertanyaan yang tertuang dalam tugas yang diberikan guru setelah proses pembelajaran. 
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa, 1) jenis-jenis pertanyaan yang diajukan guru berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada kegiatan pendahuluan pembelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Karanganyar adalah pertanyaan faktual kategori mengingat, pertanyaan faktual kategori memahami, pertanyaan konseptual kategori mengingat dan pertanyaan konseptual kategori memahami; 2) jenis – jenis pertanyaan yang diajukan guru berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada kegiatan inti pembelajaran matematika kelas VIII
di SMP Negeri 1 Karanganyar adalah pertanyaan faktual kategori mengingat, pertanyaan faktual kategori memahami, pertanyaan faktual kategori menerapkan, pertanyaan konseptual kategori mengingat, pertanyaan konseptual kategori memahami, pertanyaan konseptual kategori menerapkan, pertanyaan prosedural kategori mengingat, pertanyaan prosedural kategori memahami, pertanyaan prosedural kategori menerapkan dan pertanyaan prosedural kategori menganalisis; 3) jenis – jenis pertanyaan yang diajukan guru berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada kegiatan penutup pembelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 1 Karanganyar adalah pertanyaan faktual kategori mengingat; 4) jenis – jenis pertanyaan yang tertuang dalam tugas yang diberikan guru berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi setelah proses membelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 1 Karanganyar adalah pertanyaan konseptual kategori mengingat, pertanyaan konseptual kategori memahami, pertanyaan konseptual kategori menerapkan, pertanyaan prosedural kategori, pertanyaan prosedural kategori menerapkan, dan pertanyaan prosedural kategori menganalisis. Kata tanya yang sering digunakan guru untuk mengajukan pertanyaan adalah “apa” dan “berapa”. 
Kata Kunci : pembelajaran matematika, jenis- jenis pertanyaan, taksonomi bloom revisi