Abstrak


Pengggunaan model mind map dalam peningkatan pembelajaran pkn tentang globalisasi pada siswa kelas iv sd negeri ambalkliwonan tahun ajaran 2014/2015


Oleh :
Ahmad Fahmi M - K7110502 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penggunaan model mind map dalam peningkatkan pembelajaran PKn, (2) untuk meningkatkan pembelajaran PKn melalui penggunaan model mind map, (3) untuk mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model mind map pada pembelajaran PKn. 
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi. Penggunaan model mind map dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri Ambalkliwonan Tahun Ajaran 2014/2015 melalui 3 siklus dalam 6 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Ambalkliwonan. Sumber data penelitian ini yaitu guru, siswa, peneliti, teman sejawat dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. 
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) penerapan mind map menggunakan langkah, yaitu: Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan dan Kesimpulan. Pada Tahap Pelaksanaan meliputi 4 langkah yaitu overview (tinjauan menyeluruh), preview (tinjauan awal), inview (tinjauan mendalam), dan review (tinjauan ulang), (2) penerapan model mind map dapat meningkatkan pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Ambalkliwonan tahun ajaran 2014/2015 yang dibuktikan dengan peningkatkan hasil belajar, yaitu pada siklus I = 62,2%, siklus II = 78,4%, dan siklus III = 97,3%, (3) kendala pelaksanaan yaitu: (a) masih ada siswa yang ribut sendiri, (b) kurangnya keterampilan guru untuk memotivasi dan mengaktifkan siswa saat pembelajaran, (c) alokasi waktu melebihi dengan alokasi yang sudah direncanakan. Adapun solusinya yaitu: (a) menertibkan siswa agar memperhatikan pembelajaran, (b) guru akan berlatih untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran, (c) guru akan berusaha menggunakan waktu yang sudah direncanakan dengan baik. 
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model minnd map dapat meningkatkan pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Ambalkliwonan tahun ajaran 2014/2015. 
Kata kunci: mind map, peningkatan pembelajaran, PKn