Abstrak


Kontribusi Sikap Orangtua pada Anak Terhadap Perkembangan Sosial Siswa Kelas XI SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2016/2017


Oleh :
Novi Liyana - K3112055 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perkembangan sosial siswa kelas XI SMA Negeri Kebakkramat, (2) sikap orang tua pada anaknya, dan (3) kontribusi sikap orang tua pada anak terhadap perkembangan sosial siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Kebakkramat. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 191 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket. Analisis data untuk hipotesis pertama dan hipotesis kedua menggunakan uji t satus ampel, uji satu pihak dengan uji pihak kiri, sedangkan untuk hipotesis ketiga menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 17.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perkembangan sosial siswa kelas XI SMA Negeri Kebakkramat pada tahun pelajaran 2016/2017 tergolong kategori sedang, (2) sikap orang tua pada anak tergolong kategori positif, dan (3) sikap orang tua berkontribusi terhadap perkembangan sosial siswa sebesar 12,1%.
Kata kunci: sikap orang tua pada anak, perkembangan sosial.