Abstrak


Pemanfaatan Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tendangan Sabit pada Siswa Kelas XI TPM A,SMK Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016


Oleh :
Tri Rizki Hadianty Kusuma - K4610089 - Fak. KIP

Tujuanpenelitianiniadalahmeningkatkanhasilbelajar tendangan sabit pada siswakelas XITPM A SMKNegeri 2 Surakartatahun ajaran 2015/2016.
Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas (PTK).Penelitiandilaksanakanduasiklus.Setiapsiklusterdiridariperencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, danrefleksi. Subjekpenelitianadalahsiswakelas XITPMA SMKNegeri 2 Surakartatahun ajaran 2015/2016 berjumlah30siswa. Sumber data adalahsiswa,gurudanpeneliti.Teknikpengumpulan data adalahdenganobservasidantes.Validitas data menggunakantekniktrianggulasi. Teknikanalisis data menggunakanteknikdeskriptifdenganmenggunakanteknikpersentaseuntukmelihatkecenderungan yang terjadidalam proses pembelajaran.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamelaluimedia audio visual dapatmeningkatkanhasilbelajar tendangan sabit
Darikondisiawalkesiklus I dandarisiklus I kesiklus II yang ditunjukkandenganterjadinyapeningkatanpersentaseketuntasan. Ketercapaianketuntasanhasilbelajartendangan sabitsiklus Isebesar 63,33% atau 19 dari 30 siswa. Pada siklus II ketercapaian ketuntasan hasil belajar tendangan sabit mencapai 86,67% atau 26 dari 30 siswa, sedangkan 4 siswa tidak tuntas dengan KKM 2,66.Pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II menimbulkan terjadinya proses pembelajaran yang aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga dapat mendukung terjadinya suatu pembelajaran yang berkualitas.
Simpulanpenelitianiniadalahmelalui media audio visual dapatmeningkatkanhasilbelajartendangan sabit padasiswakelas XITPM A SMK Negeri 2 Surakartatahunajaran 2015/ 2016.
Kata Kunci: hasil belajar, tendangan sabit, media audio visual.