Abstrak


Skala Prioritas Pemeliharaan Gedung-Gedung Kantor Kecamatan di Kabupaten Sukoharjo dengan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP)


Oleh :
Yopi Saparudin - I1114083 - Fak. Teknik

Kantor Kecamatan Kabupaten Sukoharjo adalah bangunan pemerintah yang digunakan untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. Pemeliharaan bangunan diperlukan untuk menjaga kondisi fisik bangunan kantor kecamatan dari kerusakan, sehingga terwujudnya kenyamanan pelayanan dan aktivitas pemerintahan yang kondusif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui urutan prioritas dan kondisi bangunan kecamatan, yang berguna sebagai acuan dalam kegiatan pemeliharaan.

 

Data primer pada penelitian ini diperoleh  dengan cara pengamatan  langsung  di  lokasi  penelitian, dan menyebarkan form  kuisioner kepada  responden  yang  terkait. Data sekunder diperoleh dari data penelitian terdahulu, peraturan yang berlaku, dan  pedoman  bangunan gedung. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (Ahp), untuk menentukan bobot komponen yang diperoleh dari hasil penilaian kepentingan komponen bangunan, oleh masing-masing responden. Penentuan kondisi bangunan dan prioritas pemeliharaan, dengan menghitung nilai Indeks Kondisi Bangunan (IKB) yang merupakan penggabungan dua atau lebih nilai kondisi komponen dikalikan bobot masing-masing komponen.

 

Hasil urutan prioritas diperoleh skala Indeks Kondisi Bangunan (IKB) yang menunjukkan dalam kriteria kondisi baik sekali, dengan rentang nilai antara 85,2496 sampai dengan 94,6833 dan rata-rata IKB yaitu 92,037. Uraian kondisi pada kriteria tersebut adalah, beberapa kerusakan mungkin terlihat akan tetapi tidak mempengaruhi fungsi bangunan. Perawatan  rutin  dan  pengantian  beberapa  elemen diperlukan agar tetap dalam kondisi yang baik.

Kata kunci : Pemeliharaan Gedung, Skala Prioritas, Ahp, Kantor Kecamatan, IKB