Abstrak


Strategi Bersaing PT. Peni Regency Berdasarkan Analisis Swot


Oleh :
Sigit Ario Wicaksono - F3213063 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), serta ancaman (threath) dalam penerapan strategi pemasaran PT. Peni Regency dan mengidentifikasi strategi pemasaran yang paling efektif untuk diterapkan di PT. Peni Regency.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, metode ini digunakan untuk mengidentifikasi data berupa gambaran, alasan, dan penjabaran keadaan yang sebenarnya sesuai data-data dari perusahaan yang dilakukan melalui wawancara langsung dengan pimpinan perusahaan, kemudian melakukan pengumpulan serta penafsiran yang disesuaikan dengan teori untuk suatu kesimpulan, yaitu mengidentifikasi strategi pemasaran paling efektif di PT. Peni Regency melalui analisis SWOT.

Berdasarkan analisis yang mendalam atas wawancara dengan perusahaan, maka diperoleh hasil strategi bersaing PT. Peni Regency berdasarkan matrik SWOT yaitu, PT. Peni Regency berada pada posisi strategiStrength-Opportunities (Strategi SO) dimana strategi ini menggunakan kekuatan internal perusahaan untuk memanfaatkan peluang dengan sebesar-besarnya pada eksternal perusahaan. PT. Peni Regency berada pada tahap Growth Oriented Strategy (tahap pertumbuhan). Strategi SO (Strength-Opportunities) yang diterapkan PT. Peni Regency adalah membangun perumahan baru di lokasi yang baru dan strategis, menambah mitra kerjasama dengan bank mengenai sistem KPR (Kredit Pembelian Rumah), dan menambah fasilitas pendukung yang belum tersedia pada Perumahan Peni Regency.

Kata Kunci : Analisis SWOT dan Strategi Pemasaran