Abstrak


Kinerja Sistem Antrian Pada Layanan Loket Peserta Mandiri Bpjs Kesehatan Kantor Cabang Surakarta


Oleh :
Kholid Saifullah - F3212044 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK nbsp;

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta BPJS Kesehatan adalah lembaga yang dibentuk untuk menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Nasional di Indonesia bagi seluruh Rakyat Indonesia. Antrian adalah hal yang hampir tidak bisa dihindari untuk mendapatkan sebuah pelayanan. Masalah yang terjadi di BPJS kantor cabang utama Surakarta adalah adanya penumpukan peserta dalam antrian.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja sistem antrian dan mengetahui tingkat pelayanan loket peserta bukan penerima upah (mandiri). Penelitian ini melibatkan 114 responden yang berasal dari kota Surakarta dan sekitarnya yang menjadi peserta bukan penerima upah (mandiri). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Alat bantu yang digunakan untuk mengolah data dan melakukan perhitungan adalah program Microsoft Excel 2010.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah rata-rata peserta yang menunggu dalam sistem terpanjang selama satu minggu penelitian pada loket Peserta Bukan Penerima Upah (Mandiri) adalah pada awal pekan dimana jumlah peserta yang menunggu dalam sistem adalah sebanyak 6,11 orang. Waktu rata-rata terpanjang yaitu 0,11% atau 6.56 menit. Sedangkan waktu rata-rata menunggu terpendek yaitu 3,07% atau 1,54 menit. Waktu rata-rata terpanjang yang dihabiskan peserta dalam sistem adalah selama 25 menit dan waktu terpendek adalah selama 4 menit.

<!--[if gte vml 1]>

ii

Kata kunci : BPJS Kesehatan, Sistem Antrian, Pelayanan Prima.