Abstrak


Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah


Oleh :
Adhimas Galih Hasmono - F1314002 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi responden apakah kompetensi sumber daya manusia, penerapan sistem akuntansi keuangan, pemanfaatan teknologi informasi, dan sistem pengendalian intern berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Data penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menggunakan metode survei kuesioner yang disebar pada responden. Populasi penelitian ini adalah pegawai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Purworejo yang bekerja di bagian akuntansi dan keuangan, dengan sampel sebanyak 82 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling  dan pengujian hipotesis menggunakan program SPSS versi 22.0. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda.

Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa  penerapan sistem akuntansi keuangan dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, sedangkan kompetensi sumber daya manusia dan sistem pengendalian intern  tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Kata kunci:   kualitas laporan keuangan, kompetensi sumber daya manusia, sistem akuntansi keuangan, teknologi informasi, sistem pengendalian intern