Abstrak


Pola Komunikasi Komunitas 234 Solidarity Community


Oleh :
Dhea Charisma Prilliandaditya - D0211027 - Fak. ISIP

ABSTRAK 

 

DHEA CHARISMA (D0211027) POLA KOMUNIKASI KOMUNITAS 234 SOLIDARITY COMMUNITY, (Studi Diskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Komunitas 234 Solidarity Community Di Surakarta)

 

Komunikasi merupakan aktivitas penting dalam kehidupan manusia individual maupun kelompok. Dalam komunitas komunikasi sangat penting untuk terciptanya suatu penghubung setiap orang yang ada didalamnya. Peneliti memilih  komunitas 234 SC. Dengan banyaknya anggota pola komunikasi sangat penting didalamnya. Peneliti mengambil judul Pola Komunikasi Komunitas 234 Solidarity Community di Surakarta. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi anggota didalam komunitas 234 Solidarity Community. Peneliti menggunakan metode diskriptif kualitatif, yaitu penelitian diarahkan untuk menggambarkan secara realitas dengan menggunakan pemahaman realitas tersebut, memberikan gejala-gejala, fakta-fakta atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat mengenai sifat-sifat penelitian serta menganalisa kebenarannya berdasarkan data yang diperoleh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Informan penelitian ini berjumlah 4 orang, dimana semua informan anggota 234 SC. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, penelitian ini peneliti akan mengambil dari pihak-pihak yang merupakan pengagas atau penanggung jawab komunitas 234 SC Surakarta, menggunakan 1 orang informan sebagai kunci yaitu ketua 234 SC, 3 informan sebagai pengurus 234 SC Surakarta. Analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penatikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian menggunakan unsur-unsur pola komunikasi pada umumnya. (1) Komunitas 234 SC Solo mengadakan banyak kegiatan untuk menjalin komunikasi yang baik antar anggota dan masyarakat Komunitas 234 SC juga menggunakan berbagai media seperti internet seperti facebook, twitter, path dan instagram. Menggunakan handphone digunakan untuk mengirim pesan ke sesame anggota komunitas 234 SC. (2) Pola komunikasi 234 Solidarity Community (SC) menjadi bagian penting dalam mempertahankan keeratan anggota komunitas

Kata kunci : Pola komunikasi, komunitas, 234 Solidarity Community