Abstrak


Penerapan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Gudang Bulog Meger Klaten


Oleh :
Vonny Anggadha - F3513073 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

 

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah semua Ilmu dan Penerapannya untuk mencegah terjadi kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja, kebakaran,  peledakan dan pencemaran lingkungan.

Objek yang di telitiyaituGudangBulogMeger yang merupakangudangterbesar yang di milikiPerumBulogSubdivre III yang berlokasi di KabupatenKlaten.Data yang di gunakanmenggunakan data primer.Dan analisis pembahasan ini bersifat deskriptif.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti pada Gudang Baru Bulog Meger, kendala yang dihadapi dalam penerapan k3 ialah kurang paham nya pekerja terhadap pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja. Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan sistem keselamatan dan kesehatan kerja pada Gudang Baru Bulog Meger Klaten dan Apakah sudah sesuai dengan Undang-undang Nomor 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Gudang Baru Bulog Meger Klaten sudah menerapkan k3 namun belum dilakukan secara maksimal hal ini terjadi karena kurang pahamnya para pekerja terhadap keselamatan dan kesehatan kerja.

Saran yang dapat peneliti berikan yaitu Gudang Baru Bulog Meger harus memberikan kebijakan baru mengenai k3 seperti memberikan alat pelidung diri untuk semua kegiatan dibulog tidak hanya pada saat fumigasi dan spraying.

Kata kunci : k3, spraying, fumigasi