Abstrak


Analisis Pengaruh Risk Monitoring Committee Terhadap Kinerja Perusahaan Perbankan


Oleh :
Afina Isna Faiza - F1214003 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK 

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh risk monitoring committee terhadap kinerja perusahaan perbankan. Secara spesifik penelitian ini meneliti apakah risk monitoring committee berpengaruh terhadap kinerja perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Konsentrasi kepemilikan, ukuran dewan, dan proporsi dewan komisaris independen dalam penelitian ini juga diuji untuk mengetahui peran dari variabel kontrol bagi variabel dependen.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder pada periode pengamatan tahun 2010-2016. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan memenuhi kriteria yang ditentukan sebelumnya, sehingga diperoleh 29 sampel perusahaan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi liniear berganda melalui program SPSS 16.0.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ukuran RMC berpengaruh signifikan dan berhubungan negatif dengan ROA, variabel jenjang pendidikan tidak berhubungan dengan kinerja perusahaan perbankan, sedangkan variabel frekuensi rapat RMC berpengaruh positif terhadap ROA, serta variabel latar belakag pendidikan berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan perbankan.

Kata kunci: risk monitoring committee, kinerja perusahaan perbankan