Abstrak


Rancangan Trigger Camera Trap Berbasis Arduino


Oleh :
Adi, Dwi Purnomo - M02 - Fak. MIPA

 

Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret (UNS), Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Surakarta 57126

ABSTRAK

Penelitian Trigger camera trap adalah untuk memfasilitasi peneliti yang bergerak dibidang konservasi satwa liar yang tidak bisa kontak langsung dengan manusia, Trigger camera trap memanfaatkan shutter release dari fitur yang dimiliki kamera DSLR dan SLR yang dikombinasikan dengan beberapa sensor dan microprosesor sebagai timer untuk trigger. Untuk trigger camera trap ini menggunakan sensor ultrasonik SR-HC04 sebagai trigger sirkuit prosesor untuk memulai proses pengambilan gambar atau video.

Untuk pengaturan jarak picu sensor SR-HC04 diambil jarak 150 cm, sehinga pada jarak 150 cm ke bawah kamera akan mengambil gambar. Untuk delay pengaktifan fokus kamera diatur 2000 ms dan untuk  delay trigger shutter diatur pada 200 ms. Untuk on/off kamera pada prototipe ini menggunakan sensor PIR (Passive Infrared Receiver) dengan jangkauan pembacaan simpangan lurus 3,5 meter. Serta dengan penambahan timer otomatis yang akan mematikan kamera dalam waktu 10 menit sejak kamera mulai standby, sehingga akan secara otomatis off untuk menghemat daya baterai.

Kata kunci : ultrasonik SR-HC04, camera trap, shutter release, Arduino