Abstrak


Pengaruh Metode Latihan Small Sided Games Terhadap Teknik Dasar Dribble dan Passing Sepakbola pada Siswa Kelompok Usia 10-12 Tahun SSB Persema Manang Sukoharjo Tahun 2018


Oleh :
Aldo Maulana Adi - K5614004 - Fak. KIP

Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui: (1) Pengaruh metode latihan small sided games terhadap teknik dasar dribble sepak bola pada siswa kelompok usia  10-12  tahun  SSB  Persema  Manang  Sukoharjo  tahun  2018.  (2)  Pengaruh metode latihan small sided games terhadap teknik dasar passing sepak bola pada siswa kelompok usia 10-12 tahun SSB Persema Manang Sukoharjo tahun 2018.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan one  group  pretest-posttest  design.  Populasi  adalah  siswa  kelompok  usia  10-12 tahun SSB Persema Manang Sukoharjo tahun 2018 yang berjumlah 30 siswa. Sampel diambil dengan metode total sampling sejumlah 30 siswa SSB Persema Manang Sukoharjo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes dan pengukuran dalam olahraga, berupa tes dribble dan passing sepak bola. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji perbedaan tes awal dan tes akhir dengan rumus  t-test  dengan  taraf  signifikansi  5%.  Sebelum  dilakukan  pengujian  data dengan t-test, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis data melalui uji normalitas dan reliabilitas.
Berdasarkan hasil penelitian: (1) Ada pengaruh latihan Small Sided Games terhadap teknik dasar dribble sepak bola pada siswa kelompok usia 10-12 tahun SSB Persema Manang Sukoharjo Tahun 2018, dimana diperoleh nilai t antara tes awal dan tes akhir pada dribble = 2,117 > ttabel  = 2,042. (2) Ada pengaruh latihan Small Sided Games terhadap teknik dasar passing sepak bola pada siswa kelompok usia 10-12 tahun SSB Persema Manang Sukoharjo Tahun 2018, dimana diperoleh nilai t antara tes awal dan tes akhir pada passing = 9,3220 > ttabel = 2,042.
Simpulan penelitian ini adalah: (1) Ada peningkatan dribble sebesar =
7,731%. Terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil tes awal dan hasil tes akhir dribble sepak bola. (2) Ada peningkatan passing sebesar = 14,667%. Terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil tes awal dan hasil tes akhir passing sepak bola. Ada pengaruh latihan Small Sided Games terhadap teknik dasar dribble dan passing pada siswa kelompok usia 10-12 tahun SSB Persema Manang.

Kata kunci : Small Sided Games, Teknik Dasar Dribble dan Passing