Abstrak


Hubungan Somatotype dengan Shooting Accuracy Pemain Futsal AFK Sukoharjo


Oleh :
Mohamad Arif Fikri - G0015157 - Fak. Kedokteran

Abstrak. Latar Belakang: Somatotype merupakan teknik yang efektif untuk mendeskripsi bentuk dan komposisi tubuh. Banyak metode yang digunakan dalam penentuan somatotype manusia, salah satunya adalah metode Heath-Carter. Metode ini membagi somatotype menjadi tiga tipe yakni endomorphy, mesomophy dan ectomorphy. Somatotype menentukan komponen kondisi fisik yang sangat berkaitan erat dengan kesuksesan para atlet dalam meningkatkan performa pada saat pertandingan. Komponen fisik tersebut di antaranya adalah Accuracy dan Power. Permainan futsal merupakan olahraga yang cukup berat dan membutuhkan kondisi fisik yang optimal. Tidak hanya kondisi fisik, kesuksesan dalam futsal juga ditentukan oleh kemampuan seseorang untuk melakukan keterampilan dasar, seperti shooting atau kicking. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara somatotype dengan shooting accuracy dan kicking power pemain futsal AFK Sukoharjo.
Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Jumlah sampel adalah 24 orang. Teknik sampling yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah Total Sampling. Cara pengukuran variable somatotype dengan metode heath-carter, pada pengukukar variable shooting accuracy dengan shooting accuracy test dan pengukuran variable kicking power dengan Vertical Jump test. Uji statistik yang digunakan adalah uji koefisien kontingensi dan Chi-Square.
Hasil: Hasil uji koefisien kontingensi untuk mengetahui hubungan antara somatotype dengan shooting accuracy dan kicking power pemain futsal AFK Sukoharjo. Didapatkan nilai Approx. Sig sebesar 0.016 ( ? = 0.05 ) pada somatotype dan shooting accuracy yang menandakan hasil yang signifikan dan nilai Approx. Sig sebesar 0.016 ( ? = 0.05 ) pada somatotype dan kicking power yang menandakan hasil yang signifikan.
Kesimpulan: Somatoype memiliki hubungan terhadap shooting accuracy dan kicking power pemain futsal AFK Sukoharjo.