Abstrak


Pemilihan Kriteria Dan Subkriteria 3prlp (Third Party Reverse Logistics Provider) Koran Bekas Dengan Pendekatan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus : Pt. Aksara Solopos)


Oleh :
Yogie Budi Prakoso - I0314100 - Fak. Teknik

ABSTRAK


Reverse logistic merupakan proses pengembalian produk dari konsumen ke produsen awal untuk dilakukan proses penambahan nilai produk tersebut. Reverse logistic merupakan proses yang rumit dan memerlukan sumber daya yang memadai, oleh karena itu diperlukan third party reverse logistics provider (3PRLP) untuk melakukannya. Terdapat tujuh kriteria dan 33 subkriteria 3PRLP dalam penelitian ini yang mengacu dari penelitian sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menentukan kriteria dan subkriteria yang harus dipertimbangkan   dalam   memilih   3PRLP   di   PT.   Aksara   Solopos   dengan pendekatan fuzzy AHP.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria impact of use third party logistic (IU3PL) menjadi pertimbangan pertama dengan bobot sebesar 24,78% sedangkan profitabilitas menjadi subkriteria yang paling dipertimbangkan dalam memilih 3PRLP dengan bobot global sebesar 0,1032. Implikasi dari model penelitian ini dapat digunakan pada perusahaan yang akan menerapkan sistem reverse logistic dengan menggunakan bantuan pihak ketiga.

Kata  Kunci  :  Reverse  logistic,  Fuzzy  AHP,  Third  party  reverse  logistics provider