Abstrak


Analisis Kekeringan Berdasarkan Metode Moisture Adequacy Index di Daerah Aliran Sungai (DAS) Temon Kabupaten Wonogiri,


Oleh :
Esthi Rahmawati Rahayuning Widodo - I0114038 - Fak. Teknik

ABSTRAK

 

Analisis Kekeringan Berdasarkan Metode Moisture Adequacy Index di Daerah Aliran Sungai (DAS) Temon Kabupaten Wonogiri, Skripsi, Program Sarjana Teknik Sipil, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Wonogiri merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki curah hujan rendah sehingga berpengaruh pada ketersediaan air yang selanjutnya mengakibatkan bencana kekeringan terutama pada musim kemarau. Salah satu Daerah Aliran Sungai (DAS) yang terdampak bencana kekeringan karena defisit air yaitu Daerah Aliran Sungai  (DAS)  Temon,  dimana  DAS  tersebut  bermuara  akhir  di  Waduk  Gajah Mungkur Wonogiri.

Pada penelitian ini ketersediaan air dianalisis berdasarkan metode FJ Mock dengan pendekatan data curah hujan maksimum 15 harian. Data debit yang diperoleh dari analisa tersebut akan dibuat grafik perbandingan antara debit dan indeks kekeringan yang dianalisis berdasarkan metode Moisture Adequacy Index (MAI), setelah nilai debit  dan  indeks  kekeringan  diperoleh  selanjutnya  nilai-nilai  tersebut  dipetakan melalui software ArcGIS untuk memperoleh persebaran kekeringan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Temon. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besarnya ketersediaan air dan indeks kekeringan pada Daerah Aliran Sungai Temon yang mana nantinya dapat digunakan sebagai acuan mitigasi bencana kekeringan pada daerah tersebut. Hasil analisis perhitungan menunjukkan bahwa potensi kekeringan terjadi pada bulan-bulan tertentu pada periode tertentu pula dibuktikan dengan perhitungan indeks kekeringan masuk dalam kategori kering.

Dari hasil analisis perhitungan yang telah dilakukan nilai minimum indeks kekeringan yaitu 0,73 yang masuk dalam kriteria kering ringan sedangkan nilai maksimum indeks sebesar 0,97 dengan kriteria normal. Trend bencana kekeringan selanjutnya dapat diprediksi melalui grafik hubungan antara debit dan indeks dengan persamaan logaritmik y = 0,6971ln(x) + 0,2163, dimana y adalah debit dan x adalah indeks.

Kata kunci : Pemetaan Kekeringan, FJ Mock, Moisture Adequacy Index (MAI)