Abstrak


Peningkatan Rasa Percaya Diri Anak Usia 4-5 Tahun melalui Metode Show and Tell (Penelitian Tindakan Kelas TK Al-Firdausy Sukoharjo Tahun Ajaran 2017 / 2018)


Oleh :
Historika Ditawati - K8114030 - Fak. KIP

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemapuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun TK Al-Firdausy Sukoharjo tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Subjek dari penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun TK Al-Firdausy Sukoahrjo tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah anak 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.   Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rasa percaya diri anak pada setiap siklus. Ketuntasan pada prasiklus yaitu 7 anak mempu menunjukkan rasa percaya sendiri sedangkan sebanyak 14 anak belum mampu menunjukkan keberaniannya. Selanjutnya indikator reaksi emosi tenang   diperoleh data 16 sebanyak anak yang belum mencapai indikator tersebut. Sementara Indikator Inisiatif diperoleh data sebanyak 14 anak belum mampu menujukkan rasa inisiatifnya. Siklus I mengalami peningkatan menjadi sebanyak 12 anak secara klasikal. Sedangkan sebanyak 7 anak belum mampu menunjukkan keberaniannya. Selanjutnya indikator reaksi emosi tenang  diperoleh data 6 sebanyak anak yang belum mencapai indikator tersebut. Sementara Indikator Inisiatif diperoleh data sebanyak  8  anak  belum  mampu  menujukkan  rasa  inisiatifnya.  Kemudian  ketuntasan klasikal siklus II yaitu sebanyak  16 anak. Sedangkan sebanyak 2 anak belum mampu menunjukkan keberaniannya. Selanjutnya indikator reaksi emosi tenang  diperoleh data 5 sebanyak anak yang belum mencapai indikator tersebut. Sementara Indikator Inisiatif diperoleh data sebanyak 3 anak belum mampu menujukkan rasa inisiatifnya. Peningkatan ketuntasan klasikal dari pra siklus ke siklus I sebanyak 7 anak dan dari siklus I ke siklus II sebanyak 4 anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah show and tell dapat meningkatkan rasa percaya diri anak usia 4-5 tahun TK Al-Firdausy Sukoharjo tahun ajaran 2017/2018.