Abstrak


Pentingnya Video Distributor dalam Mengelola Social Media Stasiun Televisi Sctv - Indosiar


Oleh :
Diana Putri Pertiwi - D1415006 - Fak. ISIP

ABSTRAK


Salah satu unsur penting dari manajemen produksi siaran ini adalah media sosial. Saat ini kita sudah terinternalisasi dengan apa yang disebut era media sosial, atau dalam istilah resminya, disebut dengan media baru. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran program acara di stasiun televisi dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau masyarakat luas. Khususnya adalah platform digital yang sedang banyak di akses oleh masyarakat yaitu youtube, dengan adanya youtube membantu stasiun televisi untuk menjaga penonton setianya, agar tidak tertinggal program-program acara kesayangan mereka.
Penulis memilih melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) selama tiga bulan di PT. Surya Citra Media yang menaungi dua televisi ternama di Indonesia yaitu SCTV - Indosiar dalam divisi media sosial yang fokus pada tim video distributor. Divisi sosial media adalah divisi yang mengendalikan semua akun media sosial SCTV – Indosiar. Selama tiga bulan penulis mendapatkan banyak sekali ilmu, belajar mengenai youtube beserta fungsi dan tombol-tombol yang ada di dalamnya, mengedit berbagai macam konten video yang di unggah ke semua akun media sosial SCTV – Indosiar, belajar cara mengambil gambar yang bagus untuk konten behind the scene acara on air.
Peran video distributor dalam divisi media sosial sangatlah penting. Video distributor tidak hanya sekedar mendistribusikan acara televisi ke dalam platform digital saja, melainkan juga mengedit serta memproduksi konten video yang akan di unggah di media sosial SCTV – Indosiar.

Kata kunci : televisi, Social Media, Video Distributor