Abstrak


Penerapan Disiplin Kerja Karyawan pada PT. Nasmoco Bengawan Motor Slamet Riyadi


Oleh :
Desi Ratna Sari - F3515018 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan disiplin kerja karyawan pada PT. Nasmoco Bengawan Motor Slamet Riyadi. Penerapan disiplin kerja sangat diperlukan agar karyawan tidak melanggar aturan kembali sehingga tercapainya tujuan perusahaan. Penelitian ini juga untuk mengetahui penilaian keberhasilan disiplin kerja karyawan pada PT. Nasmoco Bengawan Motor Slamet Riyadi.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Serta metode pembahasan yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu mendeskripsikan tentang penerapan disiplin karyawan pada PT. Nasmoco Bengawan Motor Slamet Riyadi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa disiplin kerja karyawan pada PT. Nasmoco Bengawan Motor Slamet Riyadi sudah cukup baik, dalam kaitannya karyawan mematuhi waktu atau jam kerja, ketaatan karyawan menggunakan fasilitas kantor, ketaatan dalam mematuhi peraturan mengenai penggunaan pakaian kerja, ketaatan dalam melakukan kedinasan. Sedangkan untuk mendapatkan keberhasilan dalam membangun karyawan yang memiliki disiplin kerja, PT. Nasmoco Bengawan Motor Slamet Riyadi menggunakan adanya tindakan-tindakan yang menunjang disiplin karyawan yaitu dengan tujuan dan kemampuan, teladanan pemimpin, balas jasa, keadilan, pengawasan melekat, sanksi hukum, ketegasan, dan hubungan kemanusiaan.
Saran yang dapat diberikan penulis kepada PT. Nasmoco Bengawan Motor Slamet Riyadi adalah lebih ditingkatkan lagi disiplin kerja dalam menggunakan waktu dan jam kerja agar karyawan tidak sering terlambat dan menggunakan jam kerja untuk hal pribadi.