;

Abstrak


Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Kuantum Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Perbandingan Ditinjau dari Motivasi Belajar


Oleh :
Sri Hartati - S031508023 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya: 1) perbedaan pengaruh antara model pembelajaran CTL dengan kuantum terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita perbandingan; 2) perbedaan   pengaruh antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita perbandingan; 3) interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita perbandingan.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial
2x2, dengan populasi seluruh siswa kelas V SD Negeri Se Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dengan teknik multistage   cluster random sampling. Sampel berjumlah 115 siswa dari empat sekolah dasar. Pengambilan data motivasi belajar dengan angket sedangkan data kemampuan menyelesaikan soal cerita perbandingan dengan tes. Uji validitas menggunakan expert judgment dan Korelasi Product Moment, reliabilitas dengan Koefisien Alpha Cronbach, serta uji keseimbangan dengan uji-t  dengan bantuan SPSS. Tes kemampuan   Uji   normalitas   menggunakan   uji   statistic   shapiro   wilk   dan kolmogorof smirnov, uji homogenitas dengan uji levene. Analisis data dengan teknik analisis variansi dua jalan (anava) sel tak sama, kemudian dilakukan uji lanjut pascaanava dengan metode scheffe.
Berdasarkan hasil   penelitian disimpulkan bahwa: 1) ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran CTL dengan kuantum terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita perbandingan, siswa yang mendapatkan pembelajaran CTL lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran kuantum; 2) ada perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, kemampuan menyelesaikan soal cerita perbandingan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik dari pada siswa  yang memiliki motivasi belajar rendah; 3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita perbandingan.


Kata kunci: Model Pembelajaran CTL, kuantum, motivasi belajar, soal cerita perbandingan.