;

Abstrak


Rasio Neutrofil-Limfosit Dan Rasio Platelet-Limfosit Sebagai Faktor Prediksi Keganasan Di Paru


Oleh :
Muhammad Rudiannor - S601502006 - Sekolah Pascasarjana

Latar belakang: Deteksi awal kanker paru merupakan cara paling menjanjikan untuk meningkatkan hasil pengobatan. Sel inflamasi memiliki peran penting dalam proses neoplastik dengan merangsang proliferasi, kelangsungan hidup dan migrasi kanker. Rasio nitrofil-limfosit   dan rasio platelet-limfosit dapat digunakan sebagai penanda inflamasi  terjadinya  kerusakan  jaringan  pada pasien kanker. Tujuan  penelitian  ini adalah  menganalisis  peningkatan  nilai  rasio  neutrofil-limfosit  dan  rasio  platelet- limfosit  sebagai faktor prediksi keganasan pada paru.
Metode: Penelitian uji diagnostik dengan rancangan penelitian potong lintang (cross sectional) pada pasien tumor paru di RSUD Dr. Moewardi Surakarta bulan Agustus- oktober   2018   secara   consecutive   sampling.   Subjek   penelitian   dibagi   menjadi kelompok pasien dengan tumor paru dan orang sehat. Dilakukan prosedur diagnostic dan perhitungan Rasio nitrofil-limfosit dan rasio platelet limfosit.
Hasil: Sebanyak 30 subjek pasien tumor paru yang dilakukan prosedur diagnostik ikut dalam penelitian ini. Uji statistik didapatkan terdapat perbedaan bermakna nilai rasio neutrofil-limfosit dan rasio platelet limfosit antara pasien dengan kanker dan kontrol didapatkan nilai p=0,000 (p<0,05). Kelompok positif kanker paru didapatkan peningkatan  Rasio  nitrofil-limfosit  dengan  cutoff  2,71.  Rasio  platelet  -limfosit dengan cutoff 136,63
Kesimpulan:  Peningkatan  rasio  nitrofil  limfosit  dan  rasio  platelet  limfosit  dapat
digunakan sebagai faktor prediksi keganasan pada paru.
Kata kunci: Rasio neutrofil-limfosit, Rasio platelet limfosit, , tumor paru, keganasan pada