Abstrak


Sekolah Pos Surakarta sebagai Community Civics dalam Upaya Memberikan Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Anak Kelurahan Gilingan


Oleh :
Dian Tarakanita - K6414014 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Peran Sekolah Pos Surakarta sebagai community civics dalam upaya memberikan penguatan pendidikan karakter bagi anak Kelurahan Gilingan, (2) Karakter yang ditanamkan oleh Sekolah Pos Surakarta dalam upaya memberikan penguatan pendidikan karakter bagi anak Kelurahan Gilingan, dan (3) Hambatan yang dihadapi Sekolah Pos Surakarta dalam upaya memberikan penguatan pendidikan karakter bagi anak Kelurahan Gilingan. 

Metode penelitian yang digunakan berupa metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan strategi tunggal terpancang. Sumber data diperoleh dari informan, peristiwa/aktivitas serta dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Untuk memperoleh validitas data dalam penelitian ini digunakan trianggulasi data, sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan tahap-tahap sebagai berikut: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan/ verifikasi. Adapun prosedur penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) tahap persiapan, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap analisis data, ( 4) tahap penyusunan laporan penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) Peran Sekolah Pos sebagai community civics dalam upaya memberikan penguatan pendidikan karakter bagi anak Kelurahan Gilingan antara lain: (a) Melakukan kegiatan Sekolah Pos bersama anak-anak Kelurahan Gilingan dalam upaya memberikan penguatan pendidikan karakter serta membiasakan berkomunikasi dengan bahasa lokal disertai pemberian nasehat berupa nilai tindak tutur melarang, (b) Mengadakan home visit. (2) Karakter yang ditanamkan oleh Sekolah Pos dalam upaya memberikan penguatan pendidikan karakter bagi anak Kelurahan Gilingan antara lain: (a)disiplin, (b)kerja keras, (c)peduli sosial, (d)religius, (e)jujur, dan (f)mandiri. (3) Hambatan yang dihadapi sekolah pos dalam upaya memberikan penguatan pendidikan karakter bagi anak Kelurahan Gilingan antara meliputi faktor internal yakni volunteer Sekolah Pos yang bersifat fluktuatif, sedangkan faktor eksternalnya yakni karena kondisi lingkungan Kelurahan Gilingan.

Kata Kunci : Sekolah Pos Surakarta, Community Civics, Karakter