Abstrak


Analisis Media Yang Digunakan Untuk Menampung Keluhan Pelanggan Pada PT. Telkom Wilayah Telekomunikasi Solo


Oleh :
Winda Listanti - F3515065 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Kesalahan dalam pelayanan kepada pelanggan dapat menimbulkan keluhan pelanggan. Maka dari itu, dibutuhkan cara tersendiri untuk melakukan pemulihan layanan. Dari latar belakang tersebut, penulis melakukan penelitian di PT. Telkom Wilayah Telekomunikasi Solo mengenai media yang digunakan untuk menampung keluhan pelanggan dan tujuannya adalah untuk menganalisa media yang digunakan untuk menampung keluhan pelanggan pada PT. Telkom Wilayah Telekomunikasi Solo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang merupakan bentuk analisis data agar mudah dikelola dan dan dapat memberikan informasi yang deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dari hasil wawancara dengan karyawan bagian costumer care mengenai media untuk menampung dan data sekunder meliputi data laporan keluhan.
Berdasarkan hasil penelitian di PT. Telkom Witel Solo mengenai media untuk menampung keluhan pelanggan dapat disimpulkan media yang digunakan dalam menampung keluhan yaitu dengan datang ke Plaza PT. Telkom Witel Solo, melalui Telepon 147 dan melalui My Indihome. Dari ketiga media, setiap media terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dari pembahasan dan kesimpulan tersebut terdapat saran yaitu PT. Telkom Witel Solo seharusnya menyamakan kecepatan penanganan keluhan pelanggan terhadap setiap media yang digunakan untuk menampung keluhan.