Abstrak


Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keuntungan Pengusaha Batik Jumputan di Kota Surakarta


Oleh :
Tiara Jundi Budialfi - F1116034 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar  pengaruh faktor bahan baku, upah tenaga kerja ikat, upah tenaga kerja pewarnaan, upah tenaga  kerja finishing terhadap keuntungan pengrajin batik jumputan di Kota Surakarta.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk membuktikan suatu hipotesis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan kuesioner serta pengamatan langsung, dengan populasi sebanyak 32 pengrajin batik. Penelitian ini menggunakan pendekatan regresi linier berganda (Ordinary Least Square) dengan pendekatan fungsi Cobb-Douglas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji terhadap koefisien regresi pada variabel bahan baku, upah tenaga kerja ikat, upah tenaga kerja pewarnaan tidak berpengaruh signifikan terhadap keuntungan usaha batik jumputan di Kota Surakarta, sedangkan variabel upah tenaga  kerja finishing berpengaruh terhadap keuntungan usaha batik jumputan di Kota Surakarta. Keempat variabel independen secara bersama-sama berpengaruh terhadap keuntungan usaha batik jumputan di Kota Surakarta.