Abstrak


Penerjemahan Nama Mesin Produksi dari Bahasa Mandarin ke Bahasa Indonesia yang Tepat untuk Kelancaran Komunikasi di Divisi Viscose PT Rayon Utama Makmur Sukoharjo


Oleh :
Atika Desi - B3315002 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK

PT RUM merupakan perusahaan di bidang industri tekstil yang memproduksi serat rayon sintetis menggunakan mesin-mesin dari Tiongkok. Penulisan nama mesin dalam bahasa Mandarin menjadi hal yang sulit untuk dipelajari oleh tenaga kerja Indonesia, sehingga memerlukan adanya terjemahan nama mesin produksi dalam bahasa Indonesia yang tepat.

Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui tentang bentuk kesalahan, faktor  penyebab, dan solusi pada penerjemahan nama mesin produksi divisi Viscose PT RUM.

Pengumpulan dan pengolahan data dilakukan dengan metode observasi, studi literatur dan sumber data internet. Metode observasi dengan mengamati dan mencatat hal-hal penting selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan, Studi literatur yaitu dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yang berkaitan dengan penulisan tugas akhir, sumber data internet yaitu dengan mengumpulkan informasi dari sumber data internet yang berhubungan dengan penulisan tugas akhir.

Simpulan yang diperoleh adalah daftar   kosakata   nama mesin dengan analisis terjemahan penulis berdampak positif  terhadap  kelancaran komunikasi antara penerjemah dan tenaga expart di  divisi Viscose PT RUM.

Kata Kunci : Penerjemahan,  Bahasa Mandarin, Bahasa Indonesia, Nama Mesin.