Abstrak


Implementasi Alat Pelindung Diri (Apd) sebagai Upaya Perlindungan Tenaga Kerja di Central Sterile Supply Departement (Cssd) Rumah Sakit Umum Daerah Cileungsi


Oleh :
Istiqomah Siti Fatimah - R0015050 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK
Latar Belakang : Upaya perlindungan terhadap tenaga kerja dengan memberikan Alat Pelindung Diri (APD) secara tepat untuk mencegah kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi alat pelindung diri (APD) sebagai upaya perlindungan tenaga kerja di Central Sterile Supply Departement (CSSD) Rumah Sakit Umum Daerah Cileungsi.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode observasi yang bersifat deskriptif untuk mengetahui  implementasi Alat Pelindung Diri (APD) sebagai upaya perlindungan tenaga kerja di Central Sterile Supply Departement (CSSD) Rumah Sakit Umum Daerah Cileungsi.
Hasil : Rumah Sakit Umum Daerah Cileungsi telah melakukan identifikasi faktor dan potensi bahaya, penyediaan alat pelindung diri, pemeliharaan dan penyimpanan, mewajibkan semua tenaga kerja menggunakan alat pelindung diri, membuat Standar Operasional Prosedur (SOP). Namun untuk pemasangan ramburambu kewajiban menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) belum diterapkan.
Simpulan : Penerapan Alat Pelindung Diri (APD) di Rumah Sakit Umum Daerah Cileungsi secara garis besar telah sesuai dengan Undang-Undang No. 1 Tahun 1970 dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per 08/MEN/VII/2010.
 
Kata Kunci :
Central Sterile Supply Departement (CSSD), Alat Pelindung Diri   (APD)