Abstrak


Pengaruh Perilaku Kepemimpinan pada Kepuasan Kerja Karyawan dengan Komitmen Organisasional Sebagai Mediasi (Studi pada Karyawan RS. Kasih Ibu Surakarta)


Oleh :
Fresha Kurnia Herdianto - F1216037 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel perilaku kepemimpinan dan komitmen organisasional terhadap kepuasan kerja pada RS. Kasih Ibu Surakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 234 responden. Teknik pengumpulan data menggunkan kuisioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode convenience. Kemudian untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan dengan menggunakan SEM AMOS.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh yang tidak signifikan antara perilaku kepemimpinan dan kepuasan kerja. Adanya pengaruh signifikan perilaku kepemimpinan pada komitmen organisasional. Adanya pengaruh signifikan komitmen organisasional pada kepuasan kerja. Dan adanya pengaruh perilaku kepemimpinan pada kepuasan kerja melalui komitmen organisasional.   
Penelitian ini telah meneliti beberapa faktor yang memiliki pengaruh dari perilaku kepemimpinan. Namun ada beberapa variabel yang kemungkinan memiliki pengaruh dari perilaku kepemimpinan yang tidak diuji pengaruhnya dalam penelitian ini. Sehingga dalam penelitian selanjutnya diharapkan melengkapi keterbatasan pada penelitian ini dengan menambah variabel lain.

Kata Kunci : Perilaku Kepemimpinan, Komitmen Organisasional, Kepuasan Kerja.