Abstrak


Promosi Melalui Media Sosial terhadap Minat Beli (Pengaruh Promosi melalui Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli Kuliner pada Followers Akun @Kulinerdisolo di Kota Surakarta Periode Maret – Juni 2018)


Oleh :
Ardian Nur Hudha - D0211010 - Fak. ISIP

Abstrak

Perkembangan teknologi komunikasi telah memunculkan lahirnya internet sebagai media baru yang memudahkan manusia dalam mencari dan menyebarkan informasi. Selain sebagai sarana mencari informasi, internet juga mempunyai potensi besar sebagai media promosi. Media sosial merupakan salah satu bentuk media baru yang sering digunakan sebagai alat promosi. Instagram menjadi media sosial yang paling banyak digunakan dalam mempromosikan barang dan jasa. Kota Surakarta memiliki potensi kuliner yang cukup besar. Akun @kulinerdisolo disediakan sebagai media promosi bagi pengusaha kuliner di kota Surakarta.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh  promosi melalui media sosial instagram terhadap minat beli kuliner pada followers akun
@kulinerdisolo di Surakarta.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh followers pada akun instagram @kulinerdiSolo dengan jumlah 130.000 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik kluster sampling sehingga dapat ditemukan sampel sebanyak 400 followers yang berasal dari kota Surakarta. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket. Uji instrument yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji analisis  data  yang  digunakan  adalah  uji  regresi  linier  sederhana  dan  uji  t (hipotesis).
Kesimpulan   dalam   penelitian   ini   yaitu   ada   pengaruh   positif   yang signifikan  antara promosi  melalui  media sosial instagram  terhadap  minat  beli kuliner pada followers akun @kulinerdisolo di Surakarta. Hal ini dibuktikan dari hasil t hitung sebesar  33,238 > 1,652 dan hasil p = 0,000 < 0,05.  Besar pengaruh promosi melalui media sosial instagram terhadap minat beli sebesar 73,5%  dan sisanya 26,5% dipengaruhi variabel lain di luar variabel yang diobservasi.

Kata Kunci : promosi, minat beli, instagram, media sosial