Abstrak


Analisis Komparasi Kadar Bod, Cod, Tss, dan MPN Coliform pada Limbah Cair Inlet dan Outlet di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Universitas Sebelas Maret Surakarta


Oleh :
Audina Shelita Ayu - M0413006 - Fak. MIPA

Abstrak

Limbah cair domestik merupakan air buangan yang berasal dari usaha atau kegiatan rumah tangga. IPAL UNS menerima air buangan dari Kampus UNS Kentingan, Kampus 1 Institut Seni Indonesia Surakarta dan juga dari beberapa RW di Kelurahan Jebres. Limbah cair domestik yang tidak dikelola dengan baik dapat  berdampak  pencemaran  lingkungan,  untuk  itu  diperlukan  pengelolaan limbah yang baik dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi IPAL   UNS   dengan menganalisis hasil kadar BOD, COD, TSS, dan MPN Coliform serta mengetahui pengaruh penyiraman pemanfaatan limbah cair domestik terhadap pertumbuhan Phaseolus vulgaris.
Pengambilan sampel air limbah dilakukan di dua stasiun yaitu Inlet dan Outlet di IPAL UNS. Metode sampling yang digunakan adalah grab sampling dan pengumpulan sampel dilakukan secara composite time, yaitu sampel diambil dari suatu tempat yang sama pada waktu yang berbeda. Hasil dibandingkan dengan Peraturan   Menteri  Lingkungan   Hidup  dan  Kehutanan   Republik   Indonesia Nomor  68 Tahun  2016  tentang  baku mutu limbah cair domestik dan dihitung efisiensinya. Dilakukan penyiraman limbah cair inlet dan outlet dengan perlakuan inlet   50%,   inlet   100%,   outlet   50%,   outlet   100%,   dan   kontrol   terhadap pertumbuhan Phaseolus vulgaris, hasil dianalisis dengan uji One Way ANOVA.
Efisiensi IPAL UNS terhadap pengolahan parameter BOD, COD dan TSS berturut-turut 79%, 79%, dan 78% telah memenuhi persyaratan baku mutu yang ditetapkan, sedangkan pada parameter MPN Coliform, 95% efisiensinya sangat efisien. Akan tetapi hasil pengolahannya belum memenuhi baku mutu yang telah ditetapkan. Serta hasil penelitian pengaruh penyiraman limbah cair terhadap pertumbuhan  Phaseolus  vulgaris  menunjukkan  bahwa  p  >  α  (p=0,650)  yang berarti tidak terdapat perbedaan nyata antara perlakuan dengan kontrol.
Kata Kunci : BOD, COD, TSS, MPN Coliform, limbah cair domestik