Abstrak


Penggunaan Permainan Edukatif dan Kreatif dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin di Tk Tripusaka Surakarta


Oleh :
Mesy Nika Endriani - C9614015 - Fak. Ilmu Budaya

Abstrak

Penulisan Tugas Akhir ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis untuk mengetahui bagaimanakah efektivitas penerapan metode permainan menggunakan permainan edukatif dan kreatif untuk mempelajari kosakata bahasa Mandarin di TK Tripusaka, serta untuk mengetahui apa sajakah hambatan dan solusi untuk mengatasi kesulitan selama terjadinya proses pembelajaran.

Penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Penulis mencoba meneliti secara langsung di TK Tripusaka, mencari referensi dari berbagai sumber dari perpustakaan, dan membuat dokumentasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

Hasil  dari  penelitian  menunjukkan  penerapan   permainan  edukatif kreatif dapat meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Mandarin di TK Tripusaka. Hal ini dapat dilihat dari nilai para siswa mengalami peningkatan dibandingkan minggu sebelumnya, dan mereka lebih cepat memahami kosakata bahasa Mandarin dengan cepat.

Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode permainan menggunakan permaian edukatif dan kreatif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin di TK Tripusaka Surakarta.
Kata Kunci : bahasa Mandarin, metode permainan, kosakata