Abstrak


Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Melalui Metode Problem Solving pada Anak Kelompok B di TK Al-Ikhlash Kerten Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017


Oleh :
Arini Fauziah - K8113010 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis anak kelompok B di TK Al-Ikhlash Kerten, Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Kemampuan berpikir logis yang ditingkatkan meliputi 3 indikator, yaitu a) mengenal perbedaan ukuran “lebih dari”, “kurang dari”, dan “paling/ter”, b) mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran, c) mengurutkan benda berdasarkan ukuran paling kecil ke paling besar atau sebaliknya.
 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatof dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Teknik pengambilan data pada penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes LKA. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dengan teknik analisis deskriptif, teknik analisis kritis, dan teknik analisis interaktif. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan refleksi.
 Penelitian ini dilaksanakan selama 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Penelitian ini menemukan bahwa kemampuan berpikir logis anak kelompok B di TK Al-Ikhlash Kerten Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 meningkat setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan metode problem solving. Dari keseluruhan anak yaitu 21 anak pada indikator a) yang saat pratindakan hanya terdapat 42,8% anak yang tuntas, target yang harus dicapai yaitu 82?n sampai pada siklus 3 meningkat menjadi 90,5% anak yang mencapai nilai tuntas. Pada indikator b) yang saat pratindakan hanya terdapat 38,09% anak yang mencapai nilai tuntas, sedangkan target yang harus dicapai yaitu 80?n sampai siklus 3 meningkat menjadi 81% , sedangkan pada indikator c) pada saat pratindakan hanya terdapat 28,57% anak yang mencapai nilai
 tuntas, target pencapaian nilai tuntas yaitu 76?n sampai siklus 3 meningkat menjadi 85,7% anak yang mencapai nilai tuntas.

Kata Kunci : metode problem solving, kemampuan berpikir logis, anak taman kanak-kanak.