Abstrak


Pengaruh Opini Audit, Pendapatan Asli Daerah, dan Dana Perimbangan terhadap Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Anggaran 2012-2015


Oleh :
Hadvie Ardya Rama - F1316054 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh opini audit, pendapatan asli daerah, dan dana perimbangan terhadap kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah diukur dengan menggunakan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD).
Populasi dalam penelitian ini adalah Pemerintah Kabupaten/Kota seProvinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Anggaran 2012 sampai dengan 2015. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 148 sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh daru hasil EKPPD dan LKPD yang telah diaudit.
Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil uji dari regresi berganda menunjukkan bahwa opini audit berpengaruh positif terhadap kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Sebaliknya, pendapatan asli daerah dan dana perimbangan berpengaruh negatif terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah.

Kata Kunci: opini, pendapatan asli daerah, dana perimbangan, kinerja
penyelenggaraan pemerintah daerah.