Abstrak


Perbedaan Pengaruh Latihan Kombinasi Volley-Groundstroke dan Groundstroke Forehand terhadap Kemampuan Groundstroke Forehand Tenis Lapangan pada Mahasiswa Putra Unit Kegiatan Mahasiswa Tenis Lapangan UNS 2018


Oleh :
Adib Bioexacta - K5613002 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan Pengaruh Latihan Kombinasi Volley-Groundstroke dan Groundstroke Forehand Terhadap Kemampuan Groundstroke Forehand Tenis Lapangan Pada Mahasiswa Putra Unit Kegiatan Mahasiswa Tenis Lapangan UNS 2018. (2) Latihan yang baik  pengaruhnya antara metode Latihan Kombinasi Volley-Groundstroke dan Groundstroke Forehand Terhadap Kemampuan Groundstroke Forehand Tenis Lapangan Pada Mahasiswa Putra Unit Kegiatan Mahasiswa Tenis Lapangan UNS 2018.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Subjek yang digunakan adalah mahasiswa Putra UKM Tenis Lapangan Universitas Sebelas Maret tahun 2018 yang berjumlah adalah 30. Data dikumpulkan dengan menggunakan Groundstroke forehand test. Teknik analisis data yang digunakan Uji reliabilitas penelitian ini menggunakan metode belah dua dari Ismaryati (2008: 21).
Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Terdapat Pengaruh Latihan Kombinasi Volley-Groundstroke dan Groundstroke Forehand Terhadap Kemampuan Groundstroke Forehand Tenis Lapangan Pada Mahasiswa Putra Unit Kegiatan Mahasiswa Tenis Lapangan UNS 2018.(2) Latihan Kombinasi volley-groundstroke lebih baik dalam meningkatkan hasil latihan  kemampuan groundstroke forehand tenis lapangan pada mahasiswa putra unit kegiatan mahasiswa tenis lapangan UNS 2018. Berdasarkan persentase latihan groundstroke forehand menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan metode latihan volley-groundstroke) adalah 37.5% > kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan metode latihan groundstroke forehand) adalah 11.6%.
Penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat Pengaruh Latihan Kombinasi Volley-Groundstroke dan Groundstroke Forehand Terhadap Kemampuan Groundstroke Forehand Tenis Lapangan Pada Mahasiswa Putra Unit Kegiatan Mahasiswa Tenis Lapangan UNS 2018; (2) Latihan Kombinasi volley-groundstroke lebih baik dalam meningkatkan hasil latihan  kemampuan groundstroke forehand tenis lapangan pada mahasiswa putra unit kegiatan mahasiswa tenis lapangan UNS 2018.

Kata Kunci : Kemampuan Groundstroke Forehand Tenis Lapangan, metode latihan volley-groundstroke, metode latihan Groundstroke Forehand.