Abstrak


Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Cell untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya pada Pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SD Negeri Karangasem II Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)


Oleh :
Nurul Hidayati - K7114124 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bertanya pada pembelajaran IPS siswa kelas III SD Negeri Karangasem II Surakarta tahun ajaran 2017/ 2018. Hasil observasi pra-siklus menunjukkan bahwa kuantitas pertanyaan berjumlah 7 pertanyaan. Kuantitas siswa yang bertanya hanya 19,4% atau 7 orang dari 36 siswa. Kualitas pertanyaan yang ditunjukkan terdapat pada tingkatan berpikir kognitif C1 dan C2, sedangkan pada dimensi pengetahuan berada pada dimensi   faktual   dan   konseptual.   Hasil   observasi   pra-siklus   menunjukkan rendahnya keterampilan bertanya. Upaya peningkatan dilakukan dengan menggunakan penerapan strategi pembelajaran learning cell.Metode pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data berupa hasil observasi keterampilan bertanya, hasil wawancara guru dan siswa serta dokumentasi proses pembelajaran. Validitas data yang digunakan yaitu validitas isi dan triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman.
Hasil penelitian berupa kuantitas pertanyaan pada siklus I dan siklus II secara berurutan yaitu 444 dan 455 pertanyaan. Jumlah siswa yang bertanya meningkat menjadi 100% siswa di kelas atau sejumlah 36 siswa. Kualitas pertanyaan yang ditunjukkan mencangkup tingkatan berpikir kognitif C1, C2, C3, dan C4, sedangkan pada dimensi pengetahuan berada pada dimensi faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran learning cell dapat meningkatkan  keterampilan  bertanya.  Peningkatan  yang  terjadi  bervariasi  di setiap pertemuan.

Kata Kunci : learning cell, keterampilan bertanya, IPS