Abstrak


Media Relations Humas Sipa Community (Studi Deskriptif Kualitatif Kegiatan Media Relations Humas Sipa Community Untuk Meningkatkan Publikasi Solo International Performing Arts (Sipa) 2017 )


Oleh :
Widi Rasti Afanie - D0214103 - Fak. ISIP

ABSTRAK


    Perkembangan event daerah makin pesat, begitu juga di kota Surakarta. Solo International Performing Arts (SIPA) 2017 adalah salah satunya. Meskipun bertaraf Internasional hal tersebut tak sesuai dengan tingkat kehadiran media pada event ini. Media yang hadir hanya berasal dari media lokal. Sehingga hal ini menyebabkan rendahnya cover pemberitaan dan juga rendahnya publikasi bagi Solo International Performing Arts (SIPA) 2017.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan kegiatan media relations humas SIPA Community untuk meningkatkan publikasi Solo International Performing Arts (SIPA). Studi ini menggunakan teori yang disampaikan oleh Ruslan dan Nurudin, yaitu teori tentang media relations formal, serta teori tentang media relations informal yang disampaikan oleh Sawaliana dan Rahman serta Olga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara dan studi pustaka, Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan menggunakan metode validasi data trianggulasi dan teknik analisis data dengan model interaktif. Penelitian ini dilaksanakan di dua lokasi yaitu secretariat SIPA dan di Radio Solopos FM.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa humas SIPA Community lebih cenderung melakukan kegiatan media relations formal sebagai mana yang disampaikan oleh Ruslan dan Nurudin.  Kegiatan media relations yang telah dilakukan adalah press conference, press receptions, press interview yang didukung dengan beberapa alat untuk meningkatkan publikasi seperti newsletter dan brosur, acara khusus, laporan tahunan, pensponsoran, poster, iklan, program latian serta selebaran. Sedangkan untuk media relations informal sebagai mana yang diungkapkan oleh Olga, Sawaliana dan Rahman. Humas SIPA Community belum menggunakan pendekatan interpersonal dengan wartawan.

Kata kunci: humas, media relations, publikasi, solo international performing arts