Abstrak


Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Slogohimo Tahun Ajaran 2017/ 2018


Oleh :
Muhammad Aminudin - K5411040 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode pembelajaran STAD, metode pembelajaran TGT, dan metode pembelajaran ceramah. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode pembelajaran STAD dan metode pembelajaran ceramah. (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode pembelajaran TGT dan metode pembelajaran ceramah. (4) Mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan metode pembelajaran STAD dan metode pembelajaran TGT.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1  Slogohimo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dua kelas dari populasi yaitu kelas VII D dan VII E dengan satu kelas kontrol kelas VII G. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Analisis data yang digunakan dalam mengolah data hasil belajar adalah dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensial parametrik. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan atau memberikan gambaran data dalam bentuk tabel dan grafik dari nilai rata-rata agar dengan mudah memperoleh gambaran mengenai sifat atau karakteristik obyek data tersebut.
Hasil penelitian ini adalah. Pertama, ada perbedaan antara metode pembelajaran STAD, metode pembelajaran TGT, dan metode pembelajaran ceramah terhadap hasil belajar IPS.
Kedua, metode pembelajaran STAD lebih efektif dibandingkan metode pembelajaran ceramah terhadap hasil belajar IPS. Ketiga,  metode pembelajaran TGT lebih efektif dibandingkan metode pembelajaran ceramah terhadap hasil belajar IPS.
Keempat, ada perbedaan hasil belajar pada penggunaan metode pembelajaran TGT dan STAD namun perbedaannya tidak signifikan, sehingga dapat dikatakan kedua metode TGT maupun STAD sama-sama efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Slogohimo.