Abstrak


Penerapan Metode TGT (Team Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggiring Bola dalam Permainan Sepakbola pada Peserta Didik Kelas VIIG SMP Negeri 21 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017


Oleh :
Tri Setyo Hanggoro - K4610090 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepakbola pada peserta didik kelas VIIG SMP Negeri 21 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIIG SMP Negeri 21 Surakarta yang berjumlah 28 peserta didik yang terdiri dari 16 peserta didik putra dan 12 peserta didik putri. Sumber data berasal dari guru, peserta didik dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian menggiring bola dalam pembelajaran sepakbola, aktivitas belajar serta hasil belajar bermain bola besar sepakbola. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepakbola dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepakbola pada siklus I dari 28 peserta didik mencapai 71,43 % atau sebanyak 20 peserta didik sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 82,14 % atau sebanyak 23 peserta didik sedangkan 5 peserta didik lainnya belum tuntas dengan KKM 75.
Simpulan penelitian ini adalah dengan penerapan metode TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepakbola pada peserta didik kelas VIIG SMP Negeri 21 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.