Abstrak


Pengaruh Keseimbangan Hidup-Kerja, Konflik Kerja-Keluarga dan Konflik Keluarga-Kerja pada Kinerja Karyawan: Kepuasan Kerja Sebagai Pemoderasi (Studi pada Karyawan PT. Batik Danar Hadi Surakarta)


Oleh :
Desiana Irawati - F1216020 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) pengaruh keseimbangan hidup-kerja pada kinerja karyawan, 2) pengaruh konflik kerja-keluarga pada kinerja karyawan, 3) pengaruh konflik keluarga-kerja pada kinerja karyawan, 4) kepuasan kerja memoderasi pengaruh keseimbangan hidup-kerja pada kinerja karyawan, 5) kepuasan kerja memoderasi pengaruh konflik kerja-keluarga pada kinerja karyawan, 6) kepuasan kerja memoderasi pengaruh konflik keluarga-kerja pada kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan pada karyawan PT. Batik Danar Hadi Surakarta, diambil dengan metode non probability sampling yaitu teknik purposive sampling. Kriteria responden dalam penelitian ini adalah karyawan yang memiliki status menikah dan karyawan yang memiliki masa kerja minimal satu tahun.   Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dan analisis regresi berjenjang. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) keseimbangan hidup kerja berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja karyawan, 2) konflik kerja-keluarga berpengaruh negatif dan signifikan pada kinerja karyawan, 3) konflik keluarga-kerja berpengaruh negatif dan signifikan pada kinerja karyawan, 4) kepuasan kerja memoderasi pengaruh keseimbangan hidup-kerja pada kinerja karyawan, 5) kepuasan kerja memoderasi pengaruh konflik kerja-keluarga pada kinerja karyawan, 6) kepuasan kerja memoderasi pengaruh konflik keluarga-kerja pada kinerja karyawan.  Studi ini memiliki beberapa keterbatasan meliputi hasil penelitian ini hanya didasarkan pada jawaban responden atas kuesioner yang telah disebarkan dan pengumpulan data dilakukan dengan cara menyerahkan pada HRD.

Kata Kunci: Keseimbangan Hidup-Kerja, Konflik Kerja-Keluarga, Konflik           Keluarga-Kerja, Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan.