Abstrak


Meningkatkan Hasil Belajar Lay Up Bola Basket melalui Penggunaan Media Pembelajaran pada Siswa Kelas X Dkv SMK Negeri 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018


Oleh :
Fajar Fitriawan - K4613055 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lay up bola basket menggunakan media pembelajaran pada siswa kelas X DKV SMK Negeri 9 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X DKV yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 28 siswa putra dan 6 siswa putri. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi atau arsip berupa foto. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik persentase.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar, peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II. Pada prasiklus hasil belajar lay up bola basket jumlah yang tuntas adalah 13 siswa (38,23 %) dan yang belum tuntas adalah 21 siswa (61,77 %). Pada siklus I hasil belajar lay up bola basket jumlah yang tuntas adalah 22 siswa (64,71 %) dan yang belum tuntas adalah 12 siswa (35,29 %). Sedangkan pada siklus II hasil belajar lay up bola basket jumlah yang tuntas adalah 28 siswa  (82,35 %) dan yang belum tuntas adalah 6 siswa  (17,65 %). Peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar lay up permainan bola basket telah mencapai target yang ingin dicapai  pada siklus II bahkan melebihi target.
Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lay up bola basket pada siswa kelas X DKV SMK Negeri 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: Hasil belajar, lay up bola basket, penerapan media pembelajaran