Abstrak


Penerapan Aplikasi E-Spt Masa dan E-Faktur Wajib Pajak Badan (Studi Kasus di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda)


Oleh :
Bethari Santun Selasih - F3415013 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan aplikasi perpajakan modern berupa e-SPT Masa dan e-Faktur pada Wajib Pajak Badan di Samarinda dengan melihat kasus yang sering terjadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda. Selain itu penulisan tugas akhir ini juga bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh penggunaan pada Wajib Pajak dan bagaimana Wajib Pajak Badan harus memanfaatkan aplikasi tersebut.

Dalam penulisan tugas akhir ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara dokumentasi, serta untuk teknik pembahasan penulis menggunakan teknik pembahasan Deskriptif Kualitatif.

Dari penulisan tugas akhir ini didapatkan data bahwa sebagian besar konsultasi yang dilaksanakan membahas tentang bagaimana pengoperasian aplikasi perpajakan e-faktur dan e-SPT. Didapatkan bahwa penerimaan SPT masa elektronik setiap tahunnya semakin meningkat.

Setelah dilakukan penelitian dalam tugas akhir ini, dapat disimpulkan bahwa dalam proses penggunaan aplikasi perpajakan masih banyak kendala berupa kurangnya pengetahuan Wajib Pajak tentang administrasi yang harus dilengkapi, setidaknya lebih dari 60% layanan konsultasi digunakan Wajib Pajak untuk belajar dan bertanya tentang syarat penggunaan aplikasi tersebut.

Pada penulisan tugas akhir ini terdepat kekurangan yaitu tidak adanya penelitian langsung dengan salah satu Wajib Pajak Badan yang berkewajiban langsung menggunakan aplikasi tersebut dari awal. Berdasarkan uraian diatas diharapkan pada tahun-tahun berikutnya diadakan penelitian tersendiri agar bisa menjadi koreksi bagi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda maupun Direktorat Jenderal Pajak dalam memberi pelayanan bagi Wajib Pajak.

Kata Kunci : Aplikasi Perpajakan, E-SPT, E-Faktur.